WP Fastest Cache Bikin Cepet Tanpa Ribet

zen

Administrator
Staff member
#1
Beberapa waktu lalu, saya sempet bingung milih plugin cache yang bagus tapi nggak ribet, pokoknya tinggal setting di satu halaman aja kelar, gak perlu pindah2 ke halaman lain untuk setting fitur tertentu yang keliatan rumit, akhirnya ketemu nih plugin WP Fastest Cache dengan deskripsi yang singkat dan padat > "The simplest and fastest WP Cache system" yap, plugin ini enggak ribet sama sekali dan tentunya bikin kenceng website. Tertarik menggunakannya? langsung install saja :D untuk settingannya bisa lihat gambar di bawah ini

Screenshot_1.png

Penjelasan singkat tentang kegunaan masing-masing fitur:
  • Preload adalah fitur yang wajib diaktifkan karena membantu dalam menyiapkan cache semua halaman secara otomatis. Ketika fitur ini dicentang akan muncul pilihan preload cache, untuk itu saya memberikan centang pada post saja dan memberi waktu preload 6 menit per halaman.
  • Logged-in Users adalah fitur untuk tidak menampilkan web versi cache ketika user sedang login. Pada settingan di atas saya aktifkan karena saya sering editing script web, jadi saya aktifkan fitur ini.
  • Mobile adalah fitur untuk tidak menampilkan web versi cache ketika diakses dari mobile device. Pada settingan di atas saya aktifkan karena saya menggunakan plugin AMP.
  • New Post adalah fitur untuk menghapus cache ketika postingan dipublish. Ketika fitur ini dicentang akan muncul 2 pilihan untuk menghapus semua cache atau menghapus cache pada area munculnya postingan. Nah untuk opsi ini saya pilih opsi yang kedua, karena jika dihapus semua cache akan memberatkan web.
  • Update Post adalah fitur yang sama dengan New Post, untuk fitur ini saya setting sama seperti New Post.
  • Minify HTML & CSS adalah fitur untuk mengecilkan ukuran beban load pada HTML & CSS, dengan kata lain dikompres. Pada fitur ini bebas mau diaktifkan atau tidak. Jika ada javascript yang tidak bekerja karena fitur ini lebih baik tidak usah diaktifkan.
  • Combine CSS adalah fitur untuk mengurangi request ke web dengan menggabungkan file-file css yang ada di web.
  • Combine JS adalah sama dengan yang atas, kalo ini gabungin file-file JS di header. Kalo JS yang ada di footer harus beli yang premium:p.
  • Gzip adalah fitur untuk mengurangi beban file yang dikirim dari server dengan cara melakukan kompres.
  • Browsing Cache adalah fitur untuk mengurangi waktu tunggu untuk pengunjung yang sama. Contohnya pengunjung dari homepage membuka postingan, nah setelah selesai membaca dan pengunjung ingin kembali ke homepage yang ditampilkan ada cache web yang ada di browser pengunjung.
Setting CDN
Meluncur ke tab CDN, silakan pilih photon > cdn url pilih salah satu saja, jangan random > next > pada file types pilih semua > next terus sampe finish.

yap, settingan dan penjelasannya hanya segitu aja :p simpel kan? silakan dicoba dulu.
 

Rafa

New member
#3
Ane pake plugin slider nh..kira kira pengaruh gag gan....untuk kecepatan loadingnya..soalnya slidernya lumayan berat klo buka home page slider selalu loading terakhir...
ini webnya : peaceandloveindonesia.com
 

zen

Administrator
Staff member
#4
Ane pake plugin slider nh..kira kira pengaruh gag gan....untuk kecepatan loadingnya..soalnya slidernya lumayan berat klo buka home page slider selalu loading terakhir...
ini webnya : peaceandloveindonesia.com
coba gambarnya dikompres gan